Senin, 03 September 2012

DKK4

RAM DAN VGA

A. RAM 
 
 Pengertian RAM 

Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

 Jenis-Jenis RAM :
  • EDORAM (Extended Data Out RAM)

EDO-RAM memiliki fungsi seperti RAM, akan tetapi jenis ini mempunyai kemampuan kerja sangat tinggi dan cepat dalam membaca dan mentransfer data. Bentuk EDO-RAM adalah SIMM (Single Inline Memory Module). Slot memori pada motherboard yang memiliki 72pin.
  • SDRAM (Synchronous Dynamic RAM)

SDRAM adalah memori yang dapat mengases data atau informasi lebih cepat dari EDO-RAM. Bentuk SDRAM adalah DIMM (Dual Inline Memory Module). Slot memori pada motherboard 168pin.
  • DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM)
DDR SDRAM adalah tipe memori generasi penerus SDRAM, yang memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dari SDRAM. Slot memori yang digunakanDDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM, yaitu184pin.
  • RDRAM (Rambus Dynamic RAM)
RDRAM adalah sebuah memori berkecepatan tinggi, digunaan untuk mendukung prosesor Pentium 4.tipe RDRAM menggunakan slot RIMM,yang mirip dengan slot SDRAM.

Definisi dan Jenis Slot RAM

Slot Memori
Slot memori adalah slot yang dikhususkan untuk pemasangan kepingan memori.Pada PC ada 3 jenis slot memori yang digunakan secara umum, yaitu:
SIMM ( Single In Line Memory Module )
Yaitu, slot memori yang berwarna putih dan digunakan untuk pemasangan modul memori berjenis SRAM dan EDORAM.Dalam pemasangan memori dengan slot ini kepingan harus dalam jumlah genap ( minimal 2 keping ).

DIMM ( Double In Line Memory Module )
Yaitu, slot memori yang berwarna hitam atau biru yang digunakan untuk pemasangan modul memori ( RAM ) dengan jenis SDRAM dan DDRAM. Dalam pemasangan pada slot ini kepingan memori yang terpasang tidak harus dalam jumlah yang genap.
RIMM ( Rambus In Line Module Memori )
Yaitu, slot yang berwarna hitam atau biru yang digunakan untuk memasang memori berjenis RDRAM. Perbedaan yang mencolok antara soket DIMM dengan RIMM hanya terletak pada Jumlah cekungan yang ada ditengah – tengah slot.


BUS RAM
4. BUS pada RAM

Bit dan jenis memory (DDR) itu menentukan bandwidth data memory vga. Bandwidth menentukan kecepatan transfer data dari memory untuk diproses core. Bandwidth dapat dilihat menggunakan aplikasi Gpu-z dan nanti akan keluar (berapa Gb/s),contoh :
Misal: HIS HD4670
cara menghitung nya :
memory bandwidth = ( memory clock x 2 ) x interface bit : 8
perhitungan memory bandwith HD 4670 = (800 x 2) x 128 :8=25,6 GByte/s
Memory Bus (Bit): seperti pipa air bila ingin dapat air banyak, ya di buat lebih  besar pipanya. Tetapi akibatnya fisik vga menjadi besar dan butuh ruang besar.
sedangkan DDR itu adalah data rate/pin, saya umpamakan disini daripada buat pipanya besar, lebih baik kerannya(bukaan kerannya) aja yang di besarin (arusnya yg di buat kenceng).
Sehingga pada umumnya bila  teknologi jenis memory vga (DDR) bitnya dibuat lebar/vganya terpaksa menjadi besar-besar.
GPU/vga sangat menyukai bandwith yg besar, Makin besar bandwith makin cepat data-data raw seperti texture,shader,engine fisik dan lain-lain yg disampaikan di core tiap detiknya, core akan merender/menterjemahkannya menjadi gambar. Bila ukuran memory mempengaruhi ke jumlah data yg dapat disimpan vga, agar tidak mengakses hardisk dan ram nya komputer sering-sering., bila sudah kekurangan memory (biasanya akibat memakai texture ultra high atau resolusi yg terlalu besar atau memakai AA berlebihan), vga akan sibuk meload data dari hardisk dan ram komputer dan  membuat  FPS menjadi drop drastis+macrostuttering(ngelag) akibat ada jeda buat mennginput data dari hardisk ke memory vga, sama jeda dari memory vga yg tidak onboard (RAM komp yg dishare) ke corenya vga.
Bisa dianalogikan seperti mobil , torsinya bisa dibilang bandwith, Horse Powernya bisa dibilang si corenya, tetapi tidak hanya sekedar core clock, karena core GPU juga terdiri dari ROPs, SPU (dulu istilahnya pixelshader dan vertexshader),dan texturing unit.
Tetapi kalau bandwidth dikatakan berpengaruh di resolusi tinggi bisa dikatakan keliru karena seperti di atas yg lebih bertanggung jawab untuk resolusi, texture dan  pemakaian AA itu adalah ukuran memory, justru bandwidth berpengaruhnya di resolusi rendah.sedangkan bandwidth besar vganya akan "scaling well" dari resolusi kecil ke besar tetapi bila bandwidthnya kecil vga akan kekurangan tenaga di resolusi rendah.itulah yang disebut dengan bottleneck.
 
Kapasitas RAM
Saat ini memori atau RAM sudah tersedia sampai  4 GB atau lebih, tentu saja semakin tinggi kapasitas memori harganya pun juga akan semakin mahal. Pada windows 7 terdapat satu fitur untuk menambah kapasitas memory dengan menggunakan flashdisk. Fitur tersebut adalah Readyboost. Flashdisk yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas memory adalah flashdisk yang sudah mendukung untuk readyboost. Jadi Readyboost merupakan salah satu cara untuk mempercepat kinerja windows 7.


B. VGA 

 

Pengertian VGA

VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.

Jenis-Jenis VGA

Jenis-Jenis VGA Berdasarkan Slot Jenis VGA AGP, awal dibuatnya VGA AGP, karena peningkatan yang signifikan terhadap transfer data dari memory, cpu ke peralatan display, sehingga dibuatkan slot AGP untuk memasang VGA jenis AGP. VGA AGP diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu agp 1x dan 2x dengan voltase 3.3 v, sedangkan 4x dan 8x 1,5 volt. berikut adalah gambar VGA AGP. Jenis VGA PCI, VGA card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot PCI, vga jenis ini sudah jarang sekali digunakan, karena keterbatasan fitur, ciri-cirinya adalah bagian slot-nya pada bagian depan terdapat coakan, dan jenis pin-nya lurus secara vertikal, lebih jelasnya lihat gambar berikut. Jenis VGA PCI Express, perkembangan slot PCI selanjutnya memiliki kemampuan yang luar biasa, dengan nama PCI Express, dirancang untuk memasang peralatan-peralatan mutakhir, 2 versi slot PCI Express yang terkenal adalah PCI Express 1 x dan 16 x, PCI Express 16 x digunakan khusus untuk memasang VGA jenis PCI Express, dan 1x untuk keperluan memasang peralatan-peralatan tambahan. Ciri fisik VGA jenis PCI express adalah dengan melihat bentuknya yang memiliki bentuk kebalikan dari PCI biasa. berikut adalah slot dan VGA PCI Express. Selain jenis-jenis VGA di atas, VGA juga dibedakan lagi berdasarkan letak sebuah VGA ditanam atau dipasang. Berdasarkan perbedaan ini ada dua jenis VGA, yaitu VGA On Board dan Add On. VGA Onboar adalah VGA yang sudah tertanam secara pabrikan pada motherboard. Sedangkan VGA Add On adalah jenis VGA yang bisa dipasang dan dicopot pada slot seperti yang telah disebutkan pada jenis-jenis VGA berdasarkan slotnya. Chip yang paling banyak digunakan untuk VGA On Board adalah Intel, VIA, dan SIS.

Sumber : http://fadhilgalery.blogspot.com/2011/11/mengenal-jenis-jenis-vga-komputer.html
Copyright http://fadhilgalery.blogspot.com/

 VGA PCI , vga card ini bisa digunakan dengan memasang pada slot vga, vga jenis ini sudah jarang sekali digunakan, karena keterbatasan fitur, ciri-cirinya adalah bagian slot-nya pada bagian depan terdapat coakan, dan jenis pin-nya lurus secara vertikal, lebih jelasnya lihat gambar berikut:



VGA AGP VGA Jenis AGP, awal dibuatnya vga agp, karena peningkatan yang signifikan terhadap transfer data dari memory, cpu ke peralatan display, sehingga dibuatkan slot agp untuk memasang vga kenis agp, vga agp diluncurkan berdasarkan nilai voltase yang digunakan, yaitu agp 1x dan 2x dengan voltase 3.3 v, sedangkan 4x dan 8x 1,5 volt. vga agp terakhir yang muncul adalah jenis pro dan pro universal dengan kemampuan 3.3 dan 1,5 volt. Ciri-ciri vga ini adalah bentuk pin-nya yang vertikal dengan bentuk mirip formasi sarang lebah, berikut adalah gambar vga agp dan slot-slot agp-nya:





VGA PCI Express VGA PCI Express, perkembangan slot pci selanjutnya memiliki kemampuan yang luar biasa, dengan nama PCI Express, dirancang untuk memasang peralatan-peralatan mutakhir, 2 versi slot PCI Express yang terkenal adalah PCI Express 1 x dan 16 x, PCI Express 16 x digunakan khusus untuk memasang vga jenis PCI Express, dan 1x untuk keperluan memasang peralatan-peralatan tambahan. Ciri fisik vga jenis pci express adalah dengan melihat bentuknya yang memiliki bentuk kebalikan dari PCI biasa. berikut adalah slot dan VGA PCI Express:
 



 Slot/Jumlah pin VGA
Jenis dan slot dalam card VGA:

  • Card VGA ISA ( Industry Standart Architecture )
Yaitu, slot yang digunakan sebagai tempat pemasangan card ( kartu sirkuit ).Slot ISA berwarna hitam , memiliki kecepatan dalam menstransfer data sebesar 8 bit / detik.

  • Card VG PCI (Peripheral Component Interconnect)
adalah bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya.Slot yang berwarna putih yang digunakan sebagai tempat pemasangan card yang berslot PCI. PCI kemampuan menstransfer data sebesar 32 – 64 bit / detik lebih cepat dibanding ISA.

  • Card AGP
Bus AGP, singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.

Spesifikasi AGP pertama kali (1.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik. Selain itu, secara fisik, logis dan secara elektronik, AGP bersifat independen dari PCI. Tidak seperti bus PCI yang dalam sebuah sistem bisa terdapat beberapa slot, dalam sebuah sistem, hanya boleh terdapat satu buah slot AGP saja.

Spesifikasi AGP 1.0 bekerja dengan kecepatan 66 MHz (AGP 1x) atau 133 MHz (AGP 2x), 32-bit, dan menggunakan pensinyalan 3.3 Volt. AGP versi 2.0 dirilis pada Mei 1998 menambahkan kecepatan hingga 266 MHz (AGP 4x), serta tegangan yang lebih rendah, 1.5 Volt. Versi terakhir dari AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga mengizinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte/detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). Meskipun demikian, pada kenyataannya kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dibandingkan AGP 4x, karena beberapa alasan teknis.

Selain empat spesifikasi AGP di atas, ada lagi spesifikasi AGP yang dinamakan dengan AGP Pro. Versi 1.0 dari AGP Pro diperkenalkan pada bulan Agustus 1998 lalu direvisi dengan versi 1.1a pada bulan April 1999. AGP Pro memiliki slot yang lebih panjang dibandingkan dengan slot AGP biasa, dengan tambahan pada daya yang dapat didukungnya, yakni hingga 110 Watt, lebih besar 25 Watt dari AGP biasa yang hanya 85 Watt. Jika dilihat dari daya yang dapat disuplainya, terlihat dengan jelas bahwa AGP Pro dapat digunakan untuk mendukung kartu grafis berkinerja tinggi yang ditujukan untuk workstation graphics, semacam ATi FireGL atau NVIDIA Quadro. Meskipun demikian, AGP Pro tidaklah kompatibel dengan AGP biasa: kartu grafis AGP 4x biasa memang dapat dimasukkan ke dalam slot AGP Pro, tapi tidak sebaliknya. Selain itu, karena slot AGP Pro lebih panjang, kartu grafis AGP 1x atau AGP 2x dapat tidak benar-benar masuk ke dalam slot sehingga dapat merusaknya. Untuk menghindari kerusakan akibat hal ini, banyak vendor motherboard menambahkan retensi pada bagian akhir slot tersebut: Jika hendak menggunakan kartu grafis AGP Pro lepas retensi tersebut.

Selain faktor kinerja video yang lebih baik, alasan mengapa Intel mendesain AGP adalah untuk mengizinkan kartu grafis dapat mengakses memori fisik secara langsung, yang dapat meningkatkan kinerja secara signifikan, dengan biaya integrasi yang relatif lebih rendah. AGP mengizinkan penggunaan kartu grafis yang langsung mengakses RAM sistem, sehingga kartu grafis on-board dapat langsung menggunakan memori fisik, tanpa harus menambah chip memori lagi, meski harus dibarengi dengan berkurangnya memori untuk sistem operasi.
  • PCI Express x16
Mulai tahun 2006, AGP telah mulai digeser oleh kartu grafis berbasis PCI Express x16, yang dapat mentransfer data hingga 4000 Mbyte/detik, yang hampir dua kali lebih cepat dibandingkan dengan AGP 8x, dengan kebutuhan daya yang lebih sedikit (voltase hanya 800 mV saja.) 
BUS pada VGA
Bit dan jenis memory (DDR) itu menentukan bandwidth data memory vga. Bandwidth menentukan kecepatan transfer data dari memory untuk diproses core. Bandwidth dapat dilihat menggunakan aplikasi Gpu-z dan nanti akan keluar (berapa Gb/s),contoh :



Misal: HIS HD4670
cara menghitung nya :
memory bandwidth = ( memory clock x 2 ) x interface bit : 8
perhitungan memory bandwith HD 4670 = (800 x 2) x 128 :8=25,6 GByte/s

Memory Bus (Bit): seperti pipa air bila ingin dapat air banyak, ya di buat lebih  besar pipanya. Tetapi akibatnya fisik vga menjadi besar dan butuh ruang besar.
sedangkan DDR itu adalah data rate/pin, saya umpamakan disini daripada buat pipanya besar, lebih baik kerannya(bukaan kerannya) aja yang di besarin (arusnya yg di buat kenceng).
Sehingga pada umumnya bila  teknologi jenis memory vga (DDR) bitnya dibuat lebar/vganya terpaksa menjadi besar-besar.


GPU/vga sangat menyukai bandwith yg besar, Makin besar bandwith makin cepat data-data raw seperti texture,shader,engine fisik dan lain-lain yg disampaikan di core tiap detiknya, core akan merender/menterjemahkannya menjadi gambar. Bila ukuran memory mempengaruhi ke jumlah data yg dapat disimpan vga, agar tidak mengakses hardisk dan ram nya komputer sering-sering., bila sudah kekurangan memory (biasanya akibat memakai texture ultra high atau resolusi yg terlalu besar atau memakai AA berlebihan), vga akan sibuk meload data dari hardisk dan ram komputer dan  membuat  FPS menjadi drop drastis+macrostuttering(ngelag) akibat ada jeda buat mennginput data dari hardisk ke memory vga, sama jeda dari memory vga yg tidak onboard (RAM komp yg dishare) ke corenya vga.

Bisa dianalogikan seperti mobil , torsinya bisa dibilang bandwith, Horse Powernya bisa dibilang si corenya, tetapi tidak hanya sekedar core clock, karena core GPU juga terdiri dari ROPs, SPU (dulu istilahnya pixelshader dan vertexshader),dan texturing unit.


Tetapi kalau bandwidth dikatakan berpengaruh di resolusi tinggi bisa dikatakan keliru karena seperti di atas yg lebih bertanggung jawab untuk resolusi, texture dan  pemakaian AA itu adalah ukuran memory, justru bandwidth berpengaruhnya di resolusi rendah.sedangkan bandwidth besar vganya akan "scaling well" dari resolusi kecil ke besar tetapi bila bandwidthnya kecil vga akan kekurangan tenaga di resolusi rendah.itulah yang disebut dengan bottleneck.



1 komentar:

  1. Fun88 Casino Review | Bonus Codes and Free Spins
    Fun88 카지노사이트 Casino is a legit online gambling site, 12bet where players can safely play with real money and win cash prizes. Play online fun88 vin casino games for real money right

    BalasHapus